Tips menghadapi interview menjadi seorang pelamar kerja

Tips menghadapi interview menjadi seorang pelamar kerja 

Berbondong - bondong para pelamar kerja yang ingin mendapatkan pekerjaan yang di inginkan merupakan sebuah proses yang panjang yang harus di lakukan , melainkan dengan awal proses pertama adalah melamar kerja , terkadang dengan panggilan interview ini kita merasa sedikit gugup ataupun bingung yang harus kita lakukan . biasanya panggilan interview saat ada interksi perusaan yang terfon atau Phone ke nomor pelamar terhadap panggilan interview , kali ini saya akan membagi sedikit mengenai tips hadapi interview dan apa saja yang harus kita lakukan  .

Tips menghadapi interview menjadi seorang pelamar kerja
Gambar Hanya Ilustrasi 

Ilustrasi kejadian sedikit sesi pertama 
seperti contoh telpone ilustasi perusahaan menelfone seorang pelamar  : 

perusahan    :
halo Selamat siang ?? apa benar ini atas nama Pak pelamar ??
pelamar        : iya pak , ini dari mana ?
Perusahaan  : oke pak kami dari Perusahaan ... titik ..titik.. bahwa Bapak Pelamar kami paggil sebagai pelamar di perusahaan kami bahwa besok pukul 10.00 wib anda bisa datang di kantor kami untuk wawancara intervew di kantor perusahan kami .
Pelamar        : oke pak terima kasih atas infonya ,
Perusahaan  : ya sama sama pak , besok jangan lupa anda bisa datang langsung ke Perusahaan kami pukul 10.00 wib . terima kasih selamat siang .

dari ilustari di atas dapat kita ambil dan kita simpulkan bahwa apa saja yang harus kita lakukan untuk menghadapi hari esok pukul 10.00 wib , 

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah ???...
Biasanya para pelamar tidak memikirkan konsep apa yang harus dia kerjakan pada malam hari , so pasti pada pukul 10.00 wib besok pelamar akan bingung ? ...pasti ....

Siapkan Pakaian :
siapkan pakainan anda dengan konsep sebagai pelamar dan rapi , ingat kita harus bisa menyesuaikan konsep apa yang harus kita pakai dan biasanya kebanyakan memakai baju hitam dan putih ... pada umumnya .

Siapkan Sepatu : 
siapkan sepatu anda sudah kinclong dan pastikan bahwa besok hari  anda tidak terburu -buru saat menghadapi waktu 10.00 wib saat interview,

Siapkan alat tulis :
seperti Pena yang pasti , data berkas atau pun buku bersampul hitam catatan penting anda dll.

Jangan Lupa pakai Jam tangan :
terlihat megah atau proposional saat kita memakai Jam tangan saat di lingkup kantor .

Berkaca dan bercermin pada malam hari sebelum hari esok interview:
pastikan Rambut anda Rapi .

Setelah semua sudah kita lakukan anda bisa masuk ke langkah yang ke dua adalah :
langkah kedua adalah anda harus paham menganai materi yang anda lamar , semisal anda melamar sebagai staf Acontting ??? ....kuasai dan pelajari bagian yang kita lamar buat besok , atau anda bisa ulas sedikit apa saja mengenai Accounting .

lanjutan langkah ke dua adalah ??? pelajari juga sedikit mengenai perusaahan yang memangil anda tadi .
dan pastikan bahwa berkas apa saja yang sudah masuk saat melamar kerja dan itu harus anda pertanggung jawabkan saat intervew nanti .
contoh : surat Pengalaman kerja pada umumnya menjadi bahan pertanyaan  saat intervew . buat anda yang belum memiliki pengalama kerja ataupun baru lulus jangan pernah memasukkan pengalaman berbohong karna proses intervew merupakan proses yang sedikit ketat atau rumit . karna berbohong bakal ketahuan . buat original saja saat membuat lamaran kerja .

Masuk langkah ke tiga yang harus anda lakukan :
Langkah ke tiga saya akan menjelaskan saat anda akan datang pada pukul 10.00 wib seperti cerita di atas tadi , pastikan anda datang sebelum pukul 10.00 wib menjadi 09.40 wib sudah berada di lokasi  . 20 menit menunggu tidak apa - apa  , kenapa saya menganjurkan begitu ??

yang pertama adalah biasanya jika kita datang terburu - buru kita tidak tau lokasi perjalanan menuju perusahaan macet atau tidak . dan jika kita memiliki waktu lebih berada di lokasi kita beradaptasi saat masuk lingkup perusahaan  . siasati anda mencari toilet yang berada di perusahaan untuk merapihkan pakaian anda dan rambut dan lain lain.

Masuk langkah ke empat adalah :
biasanya jika sudah masuk langkah ini , proses duduk sambil nunggu giliran kita di panggil masuk ruangan untuk proses intervew .tenangkan jiwa anda , santai dan ejoy aja , bersikap sopan ramah .
Ketika giliran sudah tiba biasanya anda di suruh masuk ke ruangan untuk langsung bertemu staff perusahaan ataupun pimpinan langsung perusahaan saya tidak tau , karna biasanya anda langsung berhadapan langsung dengan Staf HRD perusahaan .

oke dengan jiwa anda yang santai tenang tadi mulailah jalan dan masuk ke ruangan tsb , untuk masuk ke ruangan tsb . pahami saat anda buka pintu ketuk terlebih dahulu tunggu ada perintah maka  baru anda bisa buka pintu tsb ,

setelah anda masuk jangan anda langsung duduk pastikan bahwa anda bisa berjabat tangan terlebih dahulu kepada Staf ataupun pimpinan yang berada di ruangan interview tsb dan sambil ucapkan nama anda .biasanya setelah proses itu anda di persilahkan duduk , oke jika anda di persilahkan duduk maka anda harus menarik kursi tsb dengan santai hingga anda bisa duduk di kursi tsb .

setelah anda duduk maka yang harus anda lakukan adalah  keluarkan buku yang bersampulkan hitam catatan penting anda dan pena anda dan taruh persis di atas meja berposisi di depan anda dengan rapih .dan setelah itu jangan anda mainkan pena atau buku tsb . ini merupakan tips sedikit kenapa saya harus menganjurkan itu semua ??.. karna alat bantu ataupun alat tulis tsb menggambarkan atau mencerminkan bahwa anda proposional . staff atau pimpinan perusahan tersebut mengira bahwa dia akan berhadapan dengan orang yang lebih .

Langkah terakhir yang ke lima adalah :
langkah yang terakhir yang ke lima adalah biasanya proses interview berlangsung , seperti tanya jawab , biasanya anda ( Pelamar ) menjawab yang anda ketahui , biasanya ada sebagian orang dengan proses menjawab dengan sebagian anggota tubuhnya sambil ikut memaparkan seperti tangan ikut menjelaskan juga , so itu hanya teknis anda , lakukan dan implementasikan selagi sopan . jangan gugup dan bertindak exkutif . dan sesuai apa yang anda gambarkan . jika ada pertanyaan - pertanyaan berupa mengenai tentang pekerjaan yang kita lamar maka anda sudah memiliki bekal yang anda pelajari tadi malam .

sekian tips dari saya semoga bermanfaat dan semoga bisa anda cerna mengenai bahasa - bahasa saya yang saya tulis . jika anda sedikit kebingungan maka anda bisa langsung berkomentar di bawah ini .tips dan trik ala admin Blog welcome Lampung .

Share on Google Plus

"

Media Seputar : Perkiraan cuaca | Wisata | kuliner | kesehatan | Gaya Hidup | Karir | Teknologi "Info mimin " Pantau terus dan Baca terus di welcome Lampung , admin nya cakep-cakep.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment