Resep cara membuat sambel terasi geal geol

Sambal -merupakan menu pelengkap makan yang biasa di hidangkan ,begitu juga para penikmat sambal terasi , apa bila tidak ada sambal bagaikan sayur kurang garam .

sambal terasi biasanya bisa anda gunakan dan anda temukan di berbagai lestoran , warung makan , gudeg dan tempat perasmanan tempat makan yang menghidangkan sambal tersebut .

Kali ini Tips yang menjelaskan tentang bagai mana cara membuat sambal  terasi , adapun selera sambal terasi masih di bilang kontroversi yang nyata , kenapa saya bilang seperti itu  ? sambal terasi pada jaman era sekarang sudah banyak kombinasi Rasa dalam menikmatinya . bisa anda temukan seperti di lestoran terkenal bahkan sambal terasi sudah banyak di kombinasian dengan Nanas jadi di sebut juga sambal terasi nanas, ada juga yang mencoba dengan sambal terasi mangga .

Resep cara membuat sambel terasi geal geol
Resep cara membuat sambel terasi geal geol

Keterang sambal terasi ada dua macam kriteria antara lain :
1.sambal terasi Mentah dan
2.sambal terasi matang ( goreng ).

Pada tulisan ini tertera bahwa sambal terasi ini merupakan sambal ciri kas kelurga ane .

Bahan-bahan sambal terasi matang(goreng) :
  1. cabe rawit merah 12 buah 
  2. cabe merah ukuran besar (Big) 10 buah 
  3. Bawang merah 5 siung 
  4. Bawang putih 1 1/2 siung 
  5. Terasi matang 1 1/2 sendok teh 
  6. Gula Merah 1 sendok makan
  7. Garam 1sendok teh
  8. Minyak goreng alakadar nya untuk menggoereng bahan sambal .

Cara Pembuatan :
  1. terlebih dahulu anda harus membersihkan cabe rawit ,cabe merah, kemudian goreng hingga tergoreng setengah matang . lalu angkat dan tiriskan.
  2. setelah itu ambil dan kupas bawang putih dan bawang merah kemudian digoreng juga hingga agak kering. dan jangan lupa anda Angkat dan di tiriskan juga 
  3. langkah terkhir yang harus anda siapkan adalah cabe merah, cabe rawit, Bawang merah, bawang putih, garam dan gula merah di gerus di penggilingan agar terasa nikmat , untuk lebih simpel dan praktis bisa anda menggunakan alat bantu canggih seperti blander.
  4. setelah itu masukkan terasi kemudian ulek lagi sampai rata.
  5. jika sudah di gerus atau di ulek ataupun di blader merata maka sambal yang anda buat sudah siap makan atau hindangkan . 
mengenai bahan - bahan atau pun macam macam jenis bahan perlu anda perhatikan dengan takaran yang sudah tertera . sekian dan terimakasih. 

Share on Google Plus

"

Media Seputar : Perkiraan cuaca | Wisata | kuliner | kesehatan | Gaya Hidup | Karir | Teknologi "Info mimin " Pantau terus dan Baca terus di welcome Lampung , admin nya cakep-cakep.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment